Jumat, 22 Januari 2016

Selamat, Banyuwangi Menang Penghargaan Bidang Pariwisata Tingkat Dunia

Kabar gembira untuk warga yang ada di ujung Timur pulau Jawa, sebab dalam ajang United Nations World Tourism Organization (UNWTO) Awards for Excellence and Innovation in Tourism ke-12,Banyuwangi berhasil meraih juara satu untuk kategori Inovasi Kebijakan Publik. Posisi kedua untuk kategori yang sama, diraih oleh Medellin, Colombia dan posisi ketiga diraih oleh Puertorico.
Penyelenggara ajang tersebut adalah Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), oleh badan yang membidangi pariwisata dunia yakni UNWTO. Acara internasional itu berlangsung pada 18 Januari 2016 lalu dan Indonesia berhasil meraih 3 penghargaan untuk tiga kategori.
Bukan hal mudah sebab ada 109 proyek lain yang diusung oleh beberapa negara lain di dunia dengan kemampuan pariwisata yang juga mumpuni seperti Kolombia, Korea Selatan, Puerto Rico, Swiss, Spanyol, Kamboja, Nepal, Afrika Selatan, Kroasia, Kenya dan Lithuania.
Rupanya tim pariwisata dari Kabupaten Banyuwangi berhasil mempresentasikan strategi pengembangan bidang pariwisata berkelanjutan yang akan dilakukan di wilayah tersebut, terutama pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (ICT).
Kemenangan yang diraih oleh Indonesia adalah angin segar yang menyejukkan sebab sejak berlangsung tahun 2003 lalu, penghargaan UNWTO Award belum pernah direbut sama sekali oleh pariwisata tanah air.
Untuk kemenangan di kategori lainnya, Indonesia duduk di posisi 2 untuk Kategori NGO, dan Posisi 2 di kategori Enterprises. Berikut selengkapnya seperti dilansir laman resmi Kemenpar:
Kategori Inovasi kebijakan publik:
  1. Indonesia (Banyuwangi)
    2. Medellin, Colombia.
    3. Puertorico
Kategori NGO:
  1. Nepal
    2. Indonesia (Bali)
    3. Kamboja
Kategori Enterprises:
  1. Lithuania
    2. Indonesia (Garuda)
    3. Switzerland

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar